15 Mei 2008

Sinopsis The Zahir


Judul Buku : The Zahir

Pengarang : PAULO COELHO

Buku ini menceritakan seorang pengarang sukses dan dan terkenal yang tiba-tiba ditinggal oleh istrinya. Berbagai kisah telah terjadi selama proses pencarian istri tercinta, Esther. Bahkan esther telah menjadi zahir, yaitu seseorang atau sesuatu yang sekali kita mengadakan kontak dengannya atau dengan itu, lambat laun memenuhi seluruh pikiran kita, sampai kita tidak bisa berpikir tentang hal-hal lain. Keadaan itu bisa dianggap sebagai tingkat kesucian atau kegilaan.

Kisah ini dibuka dengan dibebaskannya pengarang dari kantor polisi setelah sempat dicurigai tentang hilangnya Esther. Setelah itu, seluruh pikirannya terfokus pada pertanyaan “mengapa dirinya ditinggalkan dan kemana dia sekarang?”

Tiba-tiba pada saat penanda tanganan buku terbarunya Ada saat menjahit, ada saat merobek, dia ditemui oleh pria misterius yang sering disebut-sebut oleh istrinya. Dia bernama Mikhail. Sejak saat itu, dengan bantuan mikhail, dia mencoba mencari tahu siapa dirinya, dimana acomodadornya, dan yang lebih penting, arti cinta bagi dia dan istrinya.

Dia mencoba mengikuti seluruh kegiatan mikhail. Mulai dari pertemuan di restoran Armenia, berkumpul dengan pengemis-pengemis kota Paris dan bergerombol dengan suku anti kemapanan. Bahkan di kegiatan yang terakhir ini, Pengarang sempat dicurigai polisi. Sebenarnya kelompok tesebut tidak melakukan tindak kriminal, hanya kejahatan terhadap mode.

Ketika saatnya tiba, Dia dan mikhail terbang ke Kazakhtan, tanah kelahiran mikhail. Dalam perjalanan ke desa mikhail, dia sempat mengikuti ritual pemberian nama setempat, dia memilih “bukan-siapa-siapa”. Akhir cerita, dia bertemu istrinya yang sedang mengajarkan bahas perancis ke penduduk lokal. Istrinya masih tetap mencintai namun dengan sedikit kejutan, esther hamil. Dengan siapa, tidak dijelaskan. Mungkin kaum nomad yang hidup mengembara.

Kesimpulannya, pengarang terkena karma. Dulu waktu hidup bersama dengan istrinya, dia melakukan perselingkuhan. Hal ini dilakukan karena dia memiliki prinsip “apa yang tidak terlihat oleh mata, tidak akan ditangisi oleh hati.” Bahkan pada saat ditinggal oleh istrinya, dia juga menjalin hubungan dengan aktris cantik bernama Marie. Mungkin itu juga yg dilakuan oleh istrinya. Selama tidak dengan suaminya, dia bebas berkencan dengan siapa saja.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar