08 September 2009

Wimar Witoelar : "Hell, Yeah!"*

oleh Fira Basuki

Big Lesson : Anything you can do, be made useful
Jadi, tidak ada istilah buang waktu. Jika orang tidak rajin belajar, cuma nonton film, baca buku, belum tentu jelek, mungkin lebih baik daripada yang diprogram. Self study lebih baik dari studi umum, tapi studi umum untuk pengakuan.

Dari semua ilmu, ilmu komunikasi yang penting. "Unless you communicate, You don't have sense of the world".

Kecerdasan dikatakan tidak perlu dilakukan dalam proses ajar-mengajar, tapi dengan cara membebaskan tekanan psikologis. Apalagi diungkapkan, di Indonesia orang pintar susah maju, terutama pegawai negeri dan pegawau BUMN. Orang tidak bisa sepintar atasannya. Tidak ada budaya menghargai kecerdasan. Yang ada di ruang kelas, organisasi mahasiswa, karena biasanya disiplin lebih dihargai.

Metode Wimar menghadapi hidup : "I think heuristically, trial and error". "Saya tidak membuat perturan dan definisi. Saya mengikuti konteks 'Trial and error'. "

"Kepintaran bukan diraih dari sekolah. Makanya, ok saja, saya jadi profesor juga bukan karena belajar dan research, tapi karena belajar dari pengalaman. Tapi mana yang lebih penting, pengalaman atau ilmu? "Sejajar melengkapi. To be able to benefit from the experience, ypu need knowledge. Ilmu ditambah dari pengalaman. KEledai kan banyak pengalamannya, tapi bodoh katanya. Peneliti banyak ilmu, tapi sering dodol."

"Never take yourself seriously, but if people do take you seriously, treat them with respect."

"Tiga hal yang pasti dari dad : born to serve, selalu positif, selalu semangat"

Bob Dylan bilang : "Do not critize what you don't understand."

"Segala yang sifatnya terbuka akan lebih kuat, subur dan lebih berwarna daripada yang tertutup dan mengasingkan diri. Sumber energi begitu banyak pilihannya di dunia luar. Kehidupan begitu indahnya di luar, rugi kalau kita mengurung diri saja."

Seorang filsuf inggris mengatakan : "The only prerequisite for evil to be supreme is that good people do not do anything about it.". Jadi kekuatan jahat itu bisa berkuasa dengan hanya satu syarat saja yaitu orang baik-baik membiarkannya."

"If you are happy with what you have, its easy to be happy."

2 komentar: