20 Januari 2013

Dawet Ayu Da' Lele, Makanan Penuh Gizi Dalam Minuman Yang Segar

Apakah anda pernah minum es dawet ayu khas Banjarnegara? Mungkin kebanyakan orang sudah pernah meminumnya. Hemm membayangkan minum es dawet ayu di panas terik siang hari terasa segar dan maknyuzzzz. Namun pernahkah anda minum es dawet ayu yang terbuat dari ikan lele? Pasti kening anda akan berkerut dan berpikir, minuman apalagi itu? 

Nah Dawet Ayu Da' Lele merupakan varian baru es Dawet Ayu Khas Banjarnegara. Penemunya ternyata seorang dara jelita bernama Fedwi Anggi I., S.Pi. Alasan pembuatan dawet ini karena kalau kita sering makan ikan tentu akan bosan dan harganya pun relatif mahal padahal ikan mengandung asam amino esensial yang baik untuk pertumbuhan dan kecerdasan otak.

Oleh sebab itu, mbak Anggi mencoba membuat olahan ikan berupa minuman namun terjangkau oleh masyarakat. Karena penemu berasal dari Kabupaten Banjarnegara yang terkenal dengan Dawet Ayu-nya, maka mbak Anggi mencoba membuat Dawet Ayu yang berasal dari ikan Lele. Setelah melakukan percobaan dalam waktu yang lama, akhirnya Lulusan IPB ini bisa membuat Dawet Ayu Daging Lele yang disingkat Dawet Ayu Da' Lele. Dawet Ayu Da' Lele dilaunching pada bulan Juli 2012. Dawet ini merupakan salah satu upaya mensukseskan Gerakan Memasyarakatkan Makan Ikan (Gemarikan) dari Kementerian Kelautan dan Perikanan. 

Dawet ini dibuat dari lele-lele berkualitas dan bersertifikat, ha masa lele kok bersertifikat? Ternyata yang dimaksud lele bersertifikat adalah lele yang dibudidaya khusus, yang tidak diberi makan dengan, maaf, tinja. Jadi bener-bener aman dan halal. 

Mungkin pembaca bertanya-tanya? Kalau makan ikan lele kan amis ya, terus kalau minum dawet ini amis juga ngga ya? Setelah wawancara, diketahui bahwa Dawet Ayu Da' Lele sama sekali tidak amis karena diolah dengan cara-cara khusus sehingga sama rasanya dengan dawet biasa namun memiliki nilai lebih ikan lele. Penulispun sudah mencobanya dan memang, tidak ada rasa amis ikan, suerrrrrr. 

Seperti diketahui, ikan lele banyak sekali manfaatnya, seperti memperkuat otot perut, berguna dalam masa pertumbuhan dan perkembangan tulang anak, mencerdaskan otak dan dapat melindungi dari virus herpes. Hemmm sambil menyelam minum air, sambil meminum kesegaran Es Dawet Ayu Da' Lele, dapat pula gizinya. 

Sudah pengin mencobanya? Silahkan datang ke galeri UMKM Terminal Baru Banjarnegara lantai 2 yang bekerja sama dengan PNPM. Buka setiap hari, dari pagi hingga sore hari. Untuk lebih jelasnya, silahkan menghubungi Fedwi Anggi I., S.Pi di nomor 085 6167 5502/ 0822 6576 8180.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar