27 Agustus 2009

Sebuah Mukadimah

Assalamualaikum wr.wb.
Rata Penuh
Kemarin saat sms-an dengan temen kuliahku dulu, Danang, aku mendapat masukan yang sangat berharga. Waktu itu ditanya dia "sedang apa pakdhe?" jawabku "belajar kalkulus". Terus sambung dia "jangan hanya belajar tentang dunia saja, belajar akhirat juga penting lo". Deg, berdesir hatiku. Aku lupa setelah sekian lama hanya terlalu fokus pada dunia, sedang akhirat sama sekali belum kupersiapkan. Akhirnya, dalam hatiku, aku berjanji akan belajar tentang dunia dan akhirat secara berimbang, insya Alloh. Sejak itu aku mulai mencari buku-buku islami di perpusda Banjarnegara.

Buku tentang nabi Muhammad mulai kubaca. Ternyata perjuangan beliau dalam menegakkan dienul islam menguras banyak tenaga, harta dan air mata. Satu hal yang menarik dari beliau adalah meskipun beliau sudah dijanjikan surga oleh Alloh SWT, namun ibadah beliau terutama sholat malam selalu rutin. Bahkan ketika ditegur oleh Aisyah, istrinya, jawab beliau "Apakah aku tidak boleh menjadi hamba yang bersyukur?"

Aku sebenarnya terlambat dalam belajar Isam. Bahkan waktu SD kelas 2, aku sama sekali buta mengenai huruf hijaiyah. Menulis huruf lam saja aku tak bisa, apalagi membacanya. Terus aku mendapat les privat dari mahasiswa IAIN Walisongo. Namun karena mahal, aku hanya sebentar saja. Kelas 4 SD, aku pindah ke mangkang. Disana aku masuk di TPQ dan mulai belajar melalui Qiroati. Alhamdulillah di kelas 6 SD, aku sudah bisa lulus dan bisa baca al-Quran meskipun masih terbata-bata.

Masuk STM, aku mulai berkenalan (lagi) dengan Islam melalui Rois (Rohani Islam). Disini aku mulai belajar agama sambil belajar organisasi. Bahkan aku mulai belajar ngaji (again) dalam sebuah kelompok kecil. Aku ingat ketika melafalkan huruf ain dengan contoh pengucapan kata becak namun memakai huruf ain, jadi dibaca becaeq.

Benar sabda rasulullah SAW bahwa kita harus belajar dari ayunan sampai liang lahat. Bahkan rasululloh mendorong kita untuk menuntut ilmu sampai ke negeri Cina. Melalui blog ini, saya hanya ingin berbagi apa-apa yang sedikit saya ketahui. Harapan saya, semoga bermanfaat bagi pembaca.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar